Aspek Hukum

Category: Uncategorised Published: Thursday, 25 August 2016 Written by Super User

Aspek Hukum Pidana Penyalahgunaan Narkotika

 

(Bagian 1)

Narkoba sudah menjadi permasalahan yang sering kali kita dengar, lihat di media elektronik,maupun massa. Korbannya sudah banyak dan tidak mengenal kalangan lagi dari miskin sampai kaya, dari anak sekolah, swasta, pns dan pejabat pemerintahan, usia anak-anak maupun dewasa bahkan sudah tua pun ikut terjerat kedalam bahaya narkoba. Permasalahan ini semakin serius ketika pengedar barang mematikan ini berada disekitar lingkungan kita, lingkungan sekolah, tempat kerja dan berbagai tempat yang selama ini kita anggap aman. Barang kali pengedar dari narkotika ini tidak mengetahui hukuman apa yang akan dijalani ketika mereka menjadi pengedar?

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika merupakan Undang-Undang yang menjamin para pengedar mendapatkan hukuman pidana mulai dari ancaman kurungan penjara, denda, dan hukuman mati. Pasal 1 menjelaskan definisi dari narkotika yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 sehingga semua pengedar zat atau obat yang terlampir di Undang-Undang Narkotika dapat dijerat pada BAB XV tentang ketentuan pidana.

Menanam,Memelihara,Memiliki,Menyimpan,Menguasai Atau Menyediakan Narkotika Golongan I Dalam Bentuk Tanaman seperti ganja Pasal 111 ayat 1, dan 2 :

Pasal 1. Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).

Pasal 2. Dalam hal perbuatan menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5 (lima) batang pohon, pelaku dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).

Menanam,Memelihara,Memiliki,Menyimpan,Menguasai Atau Menyediakan Narkotika Golongan I Dalam Bentuk Bukan Tanaman seperti sabu, ekstacy Pasal 112 ayat 1, dan 2 :

Pasal 1. Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).

Pasal 2. Dalam hal perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) beratnya melebihi 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).

Memiliki,Menyimpan,Menguasai Atau Menyediakan Narkotika Bukan Tanaman Lebih Dari 5 Gram :

Pasal 112 ayat (2) : Dalam hal perbuatan memiliki,menyimpan,menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman lebih dari 5 gram pelaku dipidana penjara paling singkat 5 tahun, dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 8 miliar rupiah ditambah 1/3 (sepertiga)

Pasal 117 ayat(2) :  Dalam hal perbuatan memiliki,menyimpan ,menguasai atau menyediakan narkotika golongan II yang beratnya melebihi 5 gram ,pelaku dipidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 5 miliar rupiah ditambah 1/3 (sepertiga)

 

Pasal 122 ayat(2) : Dalam hal perbuatan memiliki,menyimpan,menguasai atau menyediakan narkotika golongan III beratnya melebihi 5 gram ,pelaku dipidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 10 tahun dan pidana dengan paling banyak Rp 3 miliar ditambah 1/3 (sepertiga)

Hits: 421