Bermain Pokemon Go ja Berbahaya, Apalagi Narkoba!

Category: Uncategorised Published: Thursday, 25 August 2016 Written by Super User

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hati- hati bagi Anda yang memiliki anak yang bermain Pokemon Go karena permainan Pokemon Go dinilai dapat merusak mental anak. Psikolog Pendidikan dari UGM Prof. Koentjoro, menurutnya bermain Pokemon Go lebih dari dua jam akan menyebabkan kepekaan sosial dan kecerdasan emosional anak berkurang. "Saat bermain pokemon tak ada rasa empati dan etika. Sementara saat bermain dengan teman-teman sebaya di masyarakat anak belajar empati dan etika," jelasnya di Yogyakarta, Selasa (19/7/2016).

Begitu juga dengan pengamat Sosial dari UGM Derajad Widhyarto melihat Pokemon Go menimbulkan pseudo sosial yakni sebuah keadaan yang membuat orang seolah-olah berinterkasi sosial padahal kenyataannya tidak ada sama sekali. "Kenyataannya pokemon itu adalah permainan ketangkasan. Lingkungan dalam game bukan lingkungan sosial yang nyata yang mengandung etika, kesopanan dan hukum sebab akibat dalam masyarakat,"pungkas Pengajar Kritik Sosial Teknologi Depatermen Sosial Fakultas Sosial dan Politik UGM ini. Dan Psikolog, Dwita Salverri pada peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu 23 Juli 2016 mengatakan bahwa efek game ke otak melebihi efek narkoba.

Apa saja yang menjadi efek dari narkoba? Ada banyak sekali efek negatif Narkoba yang perlu diketahui agar orang tua senantiasa mengawasi  anak-anak dari bahaya narkoba. Efek narkoba diantaranya yang paling berbahaya yaitu:

1. Merusak sistem syaraf bagi pecandunya karena narkoba dapat membuat syaraf – syaraf dalam tubuh tidak bekerja dengan baik bahkan dapat berubah fungsi. Maka dari itu tidak sedikit pecandu yang juga mengalami kerusakan di bagian syaraf mereka

2.      mengalami gangguan mental di mana tidak dapat berpikir secara benar dan lurus. Mereka juga terkadang menjadi sangat berani tetapi di sisi lain mereka juga dapat merasa sangat takut.

3.      Berhalusinasi dan membayangkan sesuatu diluar pikiran normal.

Merusak otak. Narkoba akan membuat kerja otak melambat hingga tidak berfungsi. Maka dari itu kebanyakan pemakai narkoba kebanyakan tidak dapat berpikir secara logika dan benar.

5.      Kematian

 Begitu berbahayanya narkoba karena itu jangan pernah mencoba apalagi membiarkan orang-orang tersayang kita terjerumus menggunakan narkoba. Bagi yang sudah menjadi korban atau ada orang terdekat yang menjadi narkoba jangan biarkan, dampingi mereka untuk segera direhabilitasi sebelum terlambat.

 

Hits: 153