IPWL Solusi Bagi Korban Narkotika Untuk Diobati Bukan Dipidana

Category: Uncategorised Published: Tuesday, 27 December 2016 Written by Super User

IPWL adalah kepanjangan dari Institusi Penerima Wajib Lapor yang dibentuk oleh Kementrian Kesehatan dan Kementrian sosial. Institusi ini bertugas menerima laporan bagi mereka para pecandu yang secara sukarlea mau melaporkan dirinya untuk direhabilitasi karena merasa dirinya tidak nyaman dan bertekad ingin melepas ketergantungannya terhadap narkoba. Bagaimana bila sedang melapor lalu aparat menangkapnya? Karena itulah, mereka harus didampingi oleh orang terdekat baik itu keluarga ataupun sahabat yang bersangkutan. Pendamping juga harus menguasai informasi seputar IPWL dan mekanisme lapor diri yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah karena dengan mengetahui informasi tentang undang-undang yang sudah berlaku, maka pendamping akan menjadi saksi atas peraturan tersebut. Bahwa seorang pecandu yang dengan cara sukarela melaporkan dirinya ke IPWL tidak akan ditangkap atau ditindak pidanakan oleh aparat hukum.

Upaya rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial para pecandu itu ada dua jalan. Pertama, mereka datang dengan jiwa sukarela. Tanpa dipaksa atau dengan kesadaran sendiri datang ke IPWL untuk melapor bahwa ia seorang pengguna yang ingin berhenti dari ketergantungan terhadap narkoba. Mereka yang datang ke IPWL dengan jiwa sukarelanya itu tidak akan dipenjarakan. Melainkan diserahkan ke tempat rehabilitasi untuk dipulihkan dan memperoleh pelayanan pengobatan gratis tanpa dipungut biaya. Kedua, yakni melalui proses penangkapan terlebih dahulu. Baik melalui razia atau tertangkap basah sedang mengkonsumsi narkoba. Jalan ini cukup merepotkan karena si pengguna sudah masuk ke ranah hukum, sehingga harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dulu di meja persidangan.

Apa yang dimaksud dengan melapor secara sukarela? Bahasa yang digunakan untuk para pengguna dalam undang-undang adalah “wajib lapor”. Bahasa ini memberi pengertian memaksa atau mau tidak mau tetaplah harus lapor agar segera terselamatkan dari ancaman bahaya narkoba. Tetapi alangkah baiknya bila mereka datang dengan kemauan sendiri sebelum ada kejadian penangkapan oleh aparat dikarenakan kasus tindakan penyalahgunaan narkoba. Banyak sudah pengguna narkoba yang bernasib sial karena teringkus sebuah razia. Banyak pula diantara mereka yang tiba-tiba ditemukan pada saat pesta narkoba. Bila demikian kejadiannya, maka mereka sudah masuk pada ranah hukum yang akan melalui proses persidangan panjang di meja hijau. Berbeda dengan mereka, para pecandu yang dengan sukarela melaporkan dirinya ke IPWL karena ingin terlepas dari pengaruh obat-obat berbahaya yang sudah dikonsumsinya dalam jangka lama. Sehingga ia memiliki tekad yang kuat untuk kembali sehat seperti sedia kala. Mereka ini akan dijamin keamanannya. Tidak akan diproses secara hukum dan akan memperoleh pelayanan pengobatan sebagaimana mestinya.

 

IPWL menjamin kerahasiaan identitas pecandu, data pecandu yang datang ke IPWL tidak akan menjadi konsumsi publik atau media apapun  karena kegiatan ini merupakan bagian dari etika kedokteran di bawah kementrian kesehatan.

Hits: 335