BAHAYA MENYEBARNYA NARKOBA DI LINGKUNGAN ANAK-ANAK DAN REMAJA

Parent Category: berita 2017 Category: artikel 2017 Created: Wednesday, 20 December 2017 Last Updated: Wednesday, 20 December 2017 Published: Wednesday, 20 December 2017

Penggunaan Narkoba di lingkungan Anak-anak dan remaja generasi sekarang ini sudah sangat memprihatinkan, Narkoba sudah memasuki seluruh lingkup generasi penerus Bangsa muda serta setiap tahun semakin meningkat sehingga membuat Generasi sekarang menjadi generasi yang bodoh dan malas.

Penyebab Penyalahgunaan Narkoba dikalangan Anak-anak dan remaa juga bisa diakibatkan dari kegagalan yang dialami mereka didalam kehidupan, seperti kurangnya kasih saying dan perhatian orang tua terhadap mereka dan broken home juga biasanya merupakan aspek dari mereka beralih ke Narkoba untuk menghilangkan stress mereka. Rasa ingin tahu mereka yang besar di masa depan seringkali membuat mereka terjerumus Narkoba dari lingkungan yang membuat mereka merasa lebih ingin diterima oleh sahabat dan kenalan yang baru mereka kenal, yang juga tidak terlepas dari pergaulan bebas yang tidak diawasi oleh orang tua mereka membuat mereka lebih leluasa untuk terjerumus lebih dalam.

Menurut kesepakatan Convention on the Rights of the Child (CRC) yang juga disepakati Indonesia pada tahun 1989, setiap anak berhak mendapatkan informasi kesehatan reproduksi (termasuk HIV/AIDS dan narkoba) dan dilindungi secara fisik maupun mental. Namun realita yang terjadi saat ini bertentangan dengan kesepakatan tersebut, sudah ditemukan anak usia 7 tahun sudah ada yang mengkonsumsi narkoba jenis inhalan (uap yang dihirup). Anak usia 8 tahun sudah memakai ganja, lalu di usia 10 tahun, anak-anak menggunakan narkoba dari beragam jenis, seperti inhalan, ganja, heroin, morfin, ekstasi, dan sebagainya (riset BNN bekerja sama dengan Universitas Indonesia).

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), kasus pemakaian narkoba oleh pelaku dengan tingkat pendidikan SD hingga tahun 2015 berjumlah 25.305. Data ini begitu mengkhawatirkan karena seiring dengan meningkatnya kasus narkoba (khususnya di kalangan usia muda dan anak-anak, penyebaran HIV/AIDS semakin meningkat dan mengancam.

Data-data tersebut telah menerangkan opini bahwa anak- anak membutuhkan Pengayoman dari Orang tua dan teman sekitar tentang informasi dan strategi untuk menghadapi serta mencegah mereka dari bahaya Penyalahgunaan Narkoba

(PS 2017)
Hits: 204