BAHAYA NARKOBA JENIS TERBARU FLAKKA

Parent Category: berita 2017 Category: artikel 2017 Created: Thursday, 28 December 2017 Last Updated: Thursday, 28 December 2017 Published: Thursday, 28 December 2017

Narkoba jenis flakka baru-baru ini membuat heboh masyarakat di Indonesia. Flakka sendiri membuat dunia geger terutama para pengguna Zat berbahaya ini memberikan efek yang mengakibatkan mereka berperilaku seperti Zombie.

Awalnya, flakka diproduksi sebagai obat sintetis pada 2012. Namun, obat ini kemudian dilarang karena para dokter kesulitan menentukan dosis yang pas, kini peredarannya sudah mendunia lantaran murah meriah dan siapapun sanggung membeli. Di Amerika, narkoba jenis ini menyasar pada kaum menengah ke bawah.
Zat yang terkandung dalam flakka saat ini tengah diteliti oleh BNN, Labfor Polri, BP POM, UI dan ITB. Kemudian pada 15-16 Mei 2017 Flakka dimasukkan sebagai Golongan I dalam lampiran UU Narkotika yang hampir sama dengan Narkoba Jenis Kokain dan Amfetamin. Dalam jangka pendek pengguna yang kecanduan Flakka Efek seperti euforia yang berlebihan, denyut jantung lebih cepat, kenaikan tekanan darah, serta berperilaku waspada yang berlebihan. Bahkan dalam efek samping jangka panjang dapat menyebabkan meninggal dunia.
BNN dan Kementerian Kesehatan telah mengkajinya tahun lalu. Saat ini flakka telah diatur dengan Permenkes nomor 2 tahun 2017 dengan nama kimia alfa PVP. Zat ini adalah stimulan utama yang merangsang naiknya hormon dopamin. Hormon Dopamin sendiri merupakan zat di otak yang menimbulkan kesenangan berlebihan, agresivitas tinggi, hingga tak sadarkan diri apabila menumpuk terlalu banyak
 
Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari menyatakan Narkoba jenis baru flakka atau narkoba zombie sangat berbahaya. Bahaya Flakka diketahui 16 kali lebih kuat ketimbang narkoba pada umumnya.
(PS 2017)
Hits: 214