DAMPAK DAN PENYAKIT-PENYAKIT YANG MENGINTAI SI PECANDU NARKOBA

Parent Category: berita 2017 Category: artikel 2017 Created: Thursday, 19 October 2017 Last Updated: Thursday, 19 October 2017 Published: Thursday, 19 October 2017

Bila Narkoba disalahgunakan secara rutin dan melebihi dari yang bisa yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik :

  1. Terkena Hepatitis B, C. Virus hepatitis B dan C ditularkan lewat darah yang bisa berasal dari saling tukar jarum suntik oleh IDU (Injection drug user). Biasanya pengguna tidak menyadari jika telah terinfeksi penyakit ini hingga kondisinya semakin parah bahkan bisa menjadi sirosis serta kanker hati.
  2. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi
  3. Gangguan pada jantung dan pembuluh  darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah
  4. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan  (abses), alergi, eksim
  5. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual
  6. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)
  7. Pengguna narkoba suntik juga menambah orang yang terinfeksi HIV AIDS, dikarenakan sebagian besar pengguna narkoba menggunakan jarum suntik secara bergantian dan juga melakukan hubungan seksual yang tidak aman serta berganti-ganti pasangan.
  8. dr Iskandar menuturkan pengguna narkoba lebih rentan terkena infeksi menular seksual (IMS) akibat sering bergonta ganti pasangan serta cenderung melakukan hubungan seks yang tidak aman.
  9. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti kesusahan bernafas pengerasan paru-paru, bernafas yang tersendat-sendat
  10. Pecandu atau pengguna narkoba jangka panjang akan membuat zat-zat kimia dalam barang haram tersebut membuat sistem sarafnya rusak dan merangsang kelainan perilaku seperi berhalusinasi, ilusi dan gangguan cara berpikir yang memicu gangguan kejiwaan.

(PS 2017) Hits: 517