MENGENAL KAMBUH ( RELAPSE ) PADA PENYALAHGUNA NARKOBA

Parent Category: berita 2017 Category: artikel 2017 Created: Friday, 22 December 2017 Last Updated: Friday, 22 December 2017 Published: Friday, 22 December 2017



Kambuh atau Relapse adalah terjadinya kembali penggunaan Narkoba Secara Rutin oleh Pengguna lama penyalahguna (adiksi) dimana pemakaian narkoba terjadi kembali secara rutin. Relapse adalah tantangan penyalahguna didalam program kesembuhan atau pulih yang proses tersebut panjang. Biarpun penyalahguna telah tidak menggunakkan lagi, tetapi apabila masih tersugesti secara mendadak dan tak terkendali sehingga psikis nya akan kacau

Relapse atau kambuh lagi pengguna narkoba di lingkungan dekatnya, merupakan masalah besar yang menjadikan semua upaya untuk pengguna pulih menjadi tak punya arti sama sekali. Setelah berbulan bahkan bertahun menjalani terapi, rehabilitasi, dan rehabilitasi dengan biaya yang begitu besar, tiba-tiba sirna begitu saja. Untuk kembali ke posisi semula harus merangkak dari awal lagi. Sebabnya relapse bagi keluarga korban, berarti menghilangkan harapan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya Relapse :

·  Hal-hal yang mengingatkan pecandu pada narkoba yang biasa dipakainya (momen tertentu, situasi, suara, bau, pikiran tentang narkoba, atau mimpi tentang narkoba).
·  Status emosi yang negatif atau mengalami stres.
· Status emosi yang riang gembira.
·  Tidak adanya aktivitas.
·  Perasaan rendah diri atau direndahkan.
·  Bergaul karib dengan pecandu aktif.
· Pada saat craving terjadi, biasanya diperberat dengan aktifnya mekanisme pertahanan mental (denial, rasionalisasi, proyeksi) sehingga akhirnya pecandu memutuskan kembali berperilaku adiksi atau kembali menggunakan narkoba.Mantan penyalahguna narkoba kambuh, bila ia mengabaikan pengawal-pengawal atau pelindungnya. Semuanya akan berjalan baik saja bila mantan penyalahguna narkoba merasa lebih sehat dan segar dibandingkan masa silam kelabu yang sudah bertahun-tahun dibelakang dirinya.

Pencegahan Relapse Pada Pecandu

Pencegahan kepada pecandu untuk tidak relapse kembali adalah pentingnya dilakuan pembinaan lebih lanjut kepada pecandu, seperti memberikan tes kecerdasan dan minat bakat kepada mereka untuk memecahkan masalah dalam kenapa mereka menggunakkan Narkoba. Mengidentifikasi tanda-tanda peringatan akan terjadi Relapse juga perlu diperhatikan. Misalnya mereka kembali bergaul pada teman – teman pemakai mereka yang lama, atau menyimpan alat penggunaan Narkoba di kamar dan mengurung diri. Diperlukan juga dukungan mantan penyalahguna narkoba untuk memahami diri sendiri berkaitan dengan proses relapse. Orang tua pun diharap untuk mampu memahami Proses Relapse sehingga bisa segera mengambil langkah untuk mengatasinya.

Upaya Pencegahan Kambuh (Relapse)

Tahap-tahap dasar yang dapat digunakan untuk mencegah timbulnya relapse pada tahap resosialisai dan pembinaan lanjut antara lain :

·         Mengembangkan kepandaian baru untuk mengatasi situasi seperti : keterampilan sosial, kemampuan untuk menyesuaikan diri atau belajar keterampilan-keterampilan vokasional (seperti : Komputer, Otomotif, Presentasi dan sebagainya) yang bermanfaat bagi mantan penyalahguna narkoba untuk menjalani kehidupannya.

·         Mengubah gaya dan pola hidup ke arah yang lebih sehat, seperti : makan dan tidur teratur.

·         Meningkatkan kegiatan yang produktif, bekerja dan berwirausaha.

·         Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dan organisasi sosial.

 

(PS : 2017)

Hits: 304