REMAJA MEROKOK USIA MUDA RENTAN TERHADAP TAHAP AWAL KECANDUAN NARKOTIKA

Parent Category: berita 2017 Category: artikel 2017 Created: Thursday, 28 December 2017 Last Updated: Thursday, 28 December 2017 Published: Thursday, 28 December 2017

Remaja Sekarang ini semakin banyak mencoba rokok pada usia muda. Dari kebiasaan yang berawal dari coba-coba atau dari pengaruh lingkungan. Dan itu perlu diwaspadai, sebab merokok merupakan awal di kemudian hari perokok merubah menadi pecandu Narkoba. Dalam penelitian BNN, dari 200 pecandu Narkoba mayoritas mereka mereka adalah perokok pada awalnya

Kebiasaan merokok yang berlanjut keminuman beralkohol dan berlanjut ke Narkoba merupakan hal-hal yang sering terjadi pada pengguna Narkoba. Mereka mulai merokok pada usia muda, dan kemudian dilanjutkan dengan minuman keras. Siklusnya bisa juga dimulai dari mengisap ganja, menenggak pil ekstasi, shabu, hingga pada puncaknya menjadi konsumen heroin atau putaw. Heroin atau putau dinggap sebagai puncak karir para pecandu.narkoba.

Pada akhir masa remaja usia menjelang 20. Proses yang dialami para pecandu dari awal hingga puncak karir berbeda-beda dan berubah-ubah. Mereka memulai dengan experimenting (coba-coba), kemudian menjadi teratur pakai, dan akhirnya menjadi candu. Namun, Secara garis besar prosesnya diawali dengan coba-coba saja. Setelahnya mereka menjadi.terbiasa.dan.pada.akhirnya.mencapai.tahap.kecanduan.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa terjerumus dalam dunia Narkoba, seperti faktor keluarga dan lingkungan. Beberapa orang menjadi pecandu karena ada anggota keluarga mereka yang merupakan pengguna narkotika. Namun kebanyakan adalah pengaruh dari teman. Oleh karena itu, para remaja yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya mulai dipantau dengan ketat agar tidak terjerumus menjadi pengguna narkotika.

Dengan jelasnya pengaruh Narkoba dari awal merokok pada Remaja muda, hendaklah para orang tua untuk mengawasi buah hati mereka terhadap rokok. Apabila mereka telah merokok hendaknya untuk tetap lah mengawasi mereka dan ikut andil didalam kehidupan mereka untuk pencegahan lebih lanjut.
 
(PS 2017)
Hits: 281