Mengenal Konselor Yuks..

Category: Uncategorised Published: Thursday, 30 June 2016 Written by Super User

Seringkali kita mendengar kata “Konselor” jika sudah berhubungan dengan rehabilitasi pecandu narkoba tapi tidak tahu apa itu konselor, siapakah konselor, apa tugas dan fungsi dari konselor itu sendiri. Mari kita cari tahu tentang konselor yang ada di Badan Narkotika Nasional (BNN).

Rehabilitasi pecandu narkoba adalah sebuah tindakan represif yang dilakukan bagi pencandu narkoba. Tindakan rehabilitasi ditujukan kepada korban dari penyalahgunaan narkoba untuk memulihkan atau mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penderita yang bersangkutan. Selain untuk memulihkan, rehabilitasi juga sebagai pengobatan atau perawatan bagi para pecandu narkotika, agar para pecandu dapat sembuh dari kecanduannya terhadap narkotika. Dalam rehabilitasi peran konselor sangatlah vital dalam menangani para pengguna narkoba. Mereka bisa menjadi ujung tombak dalam upaya pemulihan narkoba.

 

Konselor atau pembimbing adalah seorang yang mempunyai keahlian dalam melakukan konseling dan menggali pengetahuan tentang program rehabilitasi lebih dalam. Konselor dalam hal ini juga dapat mencari celah atau cara untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada, dan menjadi panutan atau role model bagi pelaksanaan rehabilitasi. Konselor memiliki peran dan fungsi yang sangat vital dalam membantu pemulihan para pecandu narkoba. Mereka rela untuk menjangkau, mendampingi dan memberikan dorongan untuk mengubah perilaku para pecandu narkoba sehingga berhenti mengonsumsi narkoba.Mengingat betapa pentingnya konselor, Badan Narkotika Nasional (BNN) menyiapkan mereka dengan memberikan pelatihan agar dapat mencetak konselor yang tersertifikasi secara nasional dan internasional.

Hits: 475