Penyalahgunaan Narkotika Membuat Jantung Rusak

Category: Uncategorised Published: Monday, 31 October 2016 Written by Super User

 

Penyalahgunaan Narkotika dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan pada tubuh kita salah satunya dapat menggangu kesehatan jantung. Zat-zat dalam narkoba dapat merusak secara permanen organ yang berfungsi memompa sirkulasi darah ini dan yang lebih berbahaya lagi kerusakan yang ditimbulkan akibat narkoba lebih sulit penanganannya dibandingkan dengan kerusakan jantung lainnya.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit (RS) Jantung Diagram, Depok, Jawa Barat, Teuka Istia Muda “Kebanyakan pasien pengguna narkoba yang datang ke rumah sakit itu sudah fatal” ujarnya pada media gathering bertajuk Efek Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Jantung yang di gelar dirumah sakit tersebut.

Beliau menjelaskan zat-zat dalam narkoba jenis kokain, amfetamin, dan ekstasi menyebabkan peningkatan hormon katekolamin yang membuat kinerja jantung jadi sangat cepat hingga membuat jantung berhenti bekerja, LSD/ mushroom meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, walaupun kadar peningkatan yang ditimbulkan tidak sejauh seperti yang disebabkan oleh golongan kokain dan amfetamin. Efek yang jarang terjadi tetapi cukup serius adalah gangguan irama jantung berupa takiaritma dimana denyut jantung meningkat menjadi sangat cepat, dan sebaliknya ada juga jenis narkoba yang menurunkan kinerja jantung  seperti ganja, morfin, dan sejenisnya. Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan ketergantungan, semakin besar dosis yang dikonsumsi, semakin besar pula efeknya dalam menurunkan kinerja jantung hingga dapat berakibat fatal seperti memicu shocked dan henti jantung.

  Untuk narkoba jenis suntik, dampaknya lebih serius lagi. Jarum suntik rentan terpapar kuman. Jarum suntik yang dipakai bergantian antarsesama pengguna narkoba bisa menjadi media penularan penyakit diantara mereka. Penggunaan jarum suntik yang tidak seteril itu sangat beresiko menularkan penyakit, selain itu kuman dan jamur yang ikut masuk lewat jarum bisa sampai ke organ jantung dan merusak dinding bagian dalam rongga jantung

 

Narkoba memiliki segudang bahaya bagi kesehatan tubuh terutama bagi jantung kita oleh karena itu hindari penyalahgunaan terhadap narkoba untuk jantung yang sehat. (ars)

Hits: 254