Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika

Category: Uncategorised Published: Friday, 22 April 2016 Written by Super User

Anak adalah anugrah yang tidak ternilai dari Allah SWT yang dititipkan kepada kita untuk kita jaga, didik, sayangi dengan sepenuh hati. Orang tua akan melakukan apapun juga untuk kehidupan sang anak jauh lebih baik dari yang dialami orang tua nya sehingga tidak jarang orang tua sibuk bekerja hingga larut malam dan lupa menyediakan waktu untuk anak. Tahukah anda bahwa diluar sana anak-anak terancam dengan bahaya Narkoba. Narkoba saat ini tidak lagi mengancam orang dewasa tapi sudah merambah ke anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Jangan biarkan mereka menjadi korban dari Narkoba karena jika sudah terkena narkoba nyawa anak anda menjadi taruhannya.

Kecenderungan anak menyalahgunakan narkoba tidak lepas dari peran dan tanggung jawab orang tua sekalipun lingkungan luar seperti sekolah dan lingkungan rumah mempunyai pengaruh yang cukup besar tetapi jika orang tua dapat melaksanakan peran dan tanggungjawabnya maka pengaruh dari lingkungan luar dapat ditekan seminimal mungkin. Peran dan tanggung jawab orang tua dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.       Orang tua sebagai teladan. Orang tua memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari sesuai antara perkataan dan perbuatan.

2.       Orang tua teman berdiskusi. Jangan abaikan jika anak mengajak berdiskusi, ajak mereka untuk selalu mendiskusikan masalahnya pada orang tua jangan sampai mereka berdiskusi dengan orang yang salah yang justru menjerumuskan anak.

3.       Orang tua memberikan ajaran nilai-nilai agama dan kehidupan sehari-hari yang baik supaya anak mengimplentasikannya di masyarakat.

4.       Orang tua membuat aturan yang konsisten yang dibuat bersama dengan seluruh anggota keluarga dan dilaksanakan bersama-sama tanpa terkecuali.

5.       Orang tua perlu mengetahui potensi anak sehingga anak mempunyai prestasi dibidang yang dia suka dan menumbuhkan rasa percaya dirinya.

6.       Orang tua perlu mengenal teman sang anak dengan baik. Jangan biarkan anak-anak pergi keluar bermain dengan orang yang tidak kita kenal.

7.       Orang tua perlu menumbukan kesadaran akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

 

Untuk itu orang tua harus mengetahui tips yang bisa diajarkan kepada anak, bagaimana supaya anak terhindar dari tawaran teman-teman atau orang lain untuk menggunakan narkoba karena pada umumnya seseorang bisa mengenal dan menggunakan narkoba berawal dari tawaran teman dekatnya sehingga anak sulit menolaknya apalagi kalau pacarnya sendiri yang menawarkan. Berikut ini tips yang bisa diajarkan kepada anak untuk menolak ajakan menggunakan narkoba:

·        Ajarkan untuk siap mental ketika menolak tawaran temannya menggunakan narkoba karena sering kali mereka yang menolak tawaran narkoba dijuluki banci, ngak gaul, ngak macho dan sebagainya. Abaikan saja dan tetap pada pendirian untuk menolak.

·         Katakan “tidak” dengan tegas bila ada yang menawarkan

·         Mengalihkan topik pembicaraan

·        Bersikap tenang dan cepat meninggalkan teman yang membujuk menggunakan narkoba dengan alasan “ada urusan lain”, “maaf saya ditunggu orang tua”, “ maaf saya merasa gak enak badan”.

·         Hindari teman-teman yang menggunakan narkoba karena suatu saat mereka akan mengajak sang anak untuk mencoba.

 

(ars)

Hits: 959