PRESS RELEASE : BNN GANDENG TNI, JANGKAU WILAYAH NKRI PERANGI NARKOBA

Category: Uncategorised Published: Friday, 15 May 2015 Written by Super User

Kejahatan Narkoba saat ini merupakan ancaman nyata bagi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Penyelundupan, peredaran, serta penyalahgunaan Narkoba terjadi hampir di seluruh wilayah negeri. Kondisi yang sangat memprihatinkan ini membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menandatangani nota kesepahaman bersama di markas besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada hari Rabu (13/5).

Kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk konkret dari pelaksanaan tugas dan fungsi TNI dalam melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dalam kerja sama disepakati beberapa hal, diantaranya mengenai pembinaan dan pemberdayaan masyarakat anti penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika, diseminasi informasi dan advokasi, pelaksanaan tes/uji Narkoba, pelaksanaan pelayanan rehabilitasi, pelaksanaan kegiatan terkait pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, penugasan personel sesuai kesepakatan, pelaksanaan sosialisasi wajib lapor dan rehabilitasi bagi pecandu dan penyalahguna Narkoba, serta pertukaran data dan informasi diantara keduanya guna menanggulangi bahaya Naroba.

Keberadaan personel TNI yang menyebar di seluruh wilayah NKRI akan memudahkan BNN dalam menjangkau setiap daerah hingga sampai ke pelosok. Selain itu, adanya sarana prasarana yang memadai dan mendukung hingga seluruh penjuru negeri milik TNI dirasa akan sangat membantu dalam pelaksanaan program rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Selain penandatangan nota kesepahaman oleh Kepala BNN DR. Anang Iskandar dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dalam kegiatan ini juga ditandatangani perjanjian kerja sama antara Deputi Rehabilitasi BNN dengan TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara terkait dengan kerja sama rehabilitasi penyalah guna Narkoba. Penandatanganan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BNN dalam mensukseskan program rehabilitasi 100.000 penyalah guna Narkoba dengan meningkatkan rasio ketersediaan kapasitas sarana rehabilitasi.

Hits: 553