Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan Tanpa Narkoba

Category: Uncategorised Published: Thursday, 30 June 2016 Written by Super User

Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan dan penelitian serta digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar, maka penggunaan narkoba secara terus-menerus akan mengakibatkan ketergantungan, depedensi, adiksi atau kecanduan. Penyalahgunaan narkoba juga berpengaruh pada tubuh dan mental-emosional para pemakaiannya. Jika semakin sering dikonsumsi, apalagi dalam jumlah berlebih maka akan merusak kesehatan, kejiwaan dan fungsi sosial di dalam masyarakat. Pengaruh narkoba pada remaja bahkan dapat berakibat lebih fatal, karena menghambat perkembangan kepribadiannya. Narkoba dapat merusak potensi diri, sebab dianggap sebagai cara yang "wajar" bagi seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hidup sehari-hari.

Nah Sekarang Bulan Ramadhan, seperti yang diketahui saat berpuasa setiap orang identik dengan kata lemas, tidak bersemangat, ngantuk, dan malas beraktifitas. Bagi seseorang yang tidak memiliki kegiatan, mungkin mereka dapat bermalas-malasan atau bisa tidur di rumah agar tidak terasa berat. Lantas bagaimana jika seseorang tersebut memiliki segudang aktifitas yang dapat menguras tenaga setiap harinya? Jangan khawatir, ada beberapa tips supaya tetap sehat dan bugar saat berpuasa yang bisa dicoba jadi tidak perlu mengkonsumsi narkoba yang sudah pasti berbahaya bagi tubuh kita 

Perhatikan Makanan Yang Dimakan

Berbuka merupakan kondisi paling nikmat saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun demikian perhatikan makanan yang kita makan:

·     Makanan berbahan kacang-kacangan, nasi, gandum, aprikot, buah plum, almon, ikan dll sangat baik untuk mengembalikan kesegaran tubuh maupun sebagai asupan energi. Cocok dimakan pada saat sahur maupun berbuka.

·    Hindari makan terlalu banyak. Ini agar organ pencernaan dapat mencerna dengan baik, tidak berjejal, dan menghindari masalah gangguan pencernaan.

·         Jus buah-buahan sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan sekaligus menambah asupan vitamin dan nutrisi.

·     Hindari terlalu banyak makan makanan yang terlalu berminyak serta daging-dagingan (sapi, kambing, dll) karena dapat meningkatkan asam lambung dan gangguan pencernaan.

·         Jaga asupan protein setelah melakukan aktivitas/olahraga ringan.

·       Minumlah air yang banyak, sekurang-kurangnya 35 ml air saat sahur maupun berbuka karena asupan air yang banyak akan menghindari dari dehidrasi saat menjalankan puasa

Menjaga Tingkat Aktivitas Tubuh dan Olahraga

Aktivitas tubuh sangat penting, bahkan teramat penting jika anda berpuasa. Mengurangi aktivitas saat berpuasa boleh saja, tapi bukan berarti dengan tidak melakukan aktivitas sama sekali. Aktivitas bekerja justru akan menyeimbangkan kondisi tubuh saat berada dalam bulan Ramadhan, puasa sebulan penuh. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1.   Aktivitas normal seperti bekerja, berjalan, dan lainnya jangan dihindari. Beraktivitas normallah seperti layaknya anda beraktivitas sehari-hari, hindari terlalu banyak bermalas-malasan dan tidur!

 

2.    Olahraga penting. Tetapi lakukan setelah berbuka puasa. Melakukan olahraga di siang hari saat berpuasa tidak memiliki efek apa-apa, menguras energi, dan justru bisa berefek buruk pada tubuh. Olahraga yang dilakukan sebaiknya dikategorikan sebagai olahraga singkat, yaitu antara 20-30 menit. Berbagai olahraga kegemaran juga bisa dilakukan, misalnya basket, sepakbola, bulutangkis, berenang, dll namun batasi hanya satu atau dua kali seminggu.

Hits: 369