
Hari Kamis / 08 Agustus 2019
Puskesmas Kampung Bali
Peserta dalam Kegiatan: 7 orang klien yang telah selesai menjalani rehabitasi rawat jalan di Puskesmas Kampung Bali dan BNN Kota Bengkulu.
Kegiatan dilaksanakan dengan pemberian materi oleh pendamping layanan pascarehabilitasi, dengan tema pertemuan yaitu, “Anger Management”.
Dari materi yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa kemarahan adalah salah satu hambatan internal dalam pemulihan, sehingga diperlukan manajemen untuk untuk mengendalikan kemarahan.
Anger management atau manajemen marah adalah suatu ilmu atau seni untuk mengatur emosi yang bertujuan untuk mengendalikan diri.
Faktor-faktor yang mempengaruhi anger management, yaitu handle feeling, open minded, positive thinking, maturity, dan humble.
Cara-cara yang dapat dilakukan mengendalikan kemarahan, yaitu:
1. Cara fisik: tarik nafas dalam kesal, pukul bantal atau kasur, olahraga, melakukan kegiatan.
2. Cara verbal: mengungkapkan dirinya sedang kesal kepada orang lain.
3. Sosial: latihan asertif dalam kelompok
4. Spritual: sholat/doa, dzikir, meditasi sesuai agama yang dianut.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantau perkembangan klien selama proses pemulihan.
Bengkulu, 08 agustus 2019
#SiePascarehabbnnpbengkulu
#BidangRehabilitasibnnpbengkulu
#BNNPBengkulu
#stopnarkoba✋